Minggu, 08 Juli 2012

PASAR VALAS ( Foreign Exchange Market , FOREX )

Pasar Valas adalah suatu jenis perdagangan / transaksi yang memperdagangkan mata uang Negara terhadap mata uang Negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama didunia selama 24 jam secara berkesinambungan.
Pergerakan Pasar Valuta Asing berputar dari Pasar selandia Baru dan Australia yang berlangsung pukul 05.00 – 14.00 WIB , terus ke Pasar Asia , yaitu Jepang , Singapura , dan Hongkong berlangsung pukul 07.00 – 16.00 WIB , ke Pasar Eropa , yaitu Jerman , dan inggris yang berlangsung pukul 13.00 – 22.00 WIB , sampai ke Pasar Amerika Serikat yang berlangsung pukul 20.30 – 10.30 WIB. Dalam perkembangan sejarahnya , Bank Sentral milik Negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang terbesar sekalipun  dapat dikalahkan oleh kekuatan Pasar Valuta Asing yang bebas.
KAPITALISASI & LIKUIDITAS PASAR
Pasar Valas adalah suatu pasar yang unik karena :
*      Volume perdagangannya.
*      Likuiditas pasar yang teramat besar.
*      Banyaknya serta variasi dari pedagang Pasar Valas.
*      Geografis penyebarannya.
*      Jangka waktu perdagangannya yang 24 jam sehari ( kecuali akhir pekan )
*      Aneka ragam faktor yang mempengaruhi nilai tukar mata uang.
Menurut BIS ( Bank International for Settlement , Bank Sentral Dunia ) , rata – rata perputaran Pasar Valas didunia perhari diestimasikan bernilai $ 3,21 triliunyang terbagi atas :
*      $ 1005 miliar di transaksi spot.
*      $ 362 miliar di pasar kontrak serah.
*      $ 1714 miliar di swap.
*      $ 129 miliar diestimasikan sebagai selisih pelaporan.
PROSES TRANSAKSI
Dibursa valas ini orang dapat membeli ataupun menjual mata uang yang diperdagangkan. Secara obyektif adalah untuk mendapatkan profit / keuntungan dari posisi transaksi yang dilakukan.
Di bursa valas dikenal istilah Lot dan Pip. 1 Lot nilainya adalah $ 100.000 dan 1 Pip nilainya adalah $ 10.
Sedangkan nilai dollar yang kita kenal dibank-bank berbeda dengan nilai dollar dibursa valas , yang bervariasi 6000 / 8000 dan 10.000 rupiah.
TRANSAKSI DUA ARAH
Transaksi di valuta asing dapat dilakukan dengan cara dua arah dalam mengambil keuntungannya. Seseorang dapat membeli dahulu ( open buy ) , lalu ditutup dengan menjual ( sell ) ataupun sebaliknya.
PEMAIN PASAR VALUTA ASING
Tidak seperti halnya pada bursa saham dimana para anggota bursa memiliki akses yang sama terhadap harga saham , Pasar Valuta Asing terbagi atas beberapa tingkatan akses :
a)      Pada akses tingkat tertinggi adalah Pasar Uang Antar Bank ( PUAB ) yang terdiri dari perusahaan-perusahaan bank investasi besar. Pada PUAB , selisih antara harga penawaran / harga jual (ask ) dan harga permintaan / harga beli ( bid ) adalah sangat tipis sekali dan bahkan biasanya tidak ada , dan harga ini hanya berlaku untuk kalangan mereka sendiri yang tidak diketahui oleh pemain valas diluar kelompok mereka.
b)      Pada akses tingkat bawahnya , rentang selisih nilai jual dan harga beli menjadi besar tergantung dari volume transaksi.
Apabila seorang Trader menjamin terlaksananya transaksi valas dalam jumlah besar maka mereka dapat meminta agar selisih nilai jual , dan beli diperkecil yang disebut Better Spread ( selisih tipis antara harga jual dan beli ).
Level akses terhadap Pasar Valas adalah sangat ditentukan oleh ukuran transaksi valuta yang dilakukan.
BANK
Pasar Uang Antar Bank ( PUAB ) memenuhi kebutuhan mayoritas dari perputaran uang didunia usaha serta kebutuhan dari transaksi para spekulan setiap harinya dapat mencapai nilai triliunan dolar.
Hingga saat ini , pialang valuta asing adalah merupakan pelaku perputaran valuta dalam jumlah yang besar , memfasilitasi perdagangan PUAB dan mempertemukan penjualan dan pembeli untuk “ upah “ ( fee ) yang kecil. Namun saat ini banyak bisnis valas yang beralih kepada suatu sistem elektronis yang lebih efisien seperti misalnya EBS.
DUNIA USAHA
Salah satu pemeran Pasar Valas ini adalah adanya kebutuhan dari aktifitas perusahaan dalam melakukan pembayaran harga barang ataupun jasa dalam mata valas.
Kebutuhan mata valas dari suatu perusahaan seringkali hanyakecil nilainya dibandingkan dengan kebutuhan dari bank dan spekulan dan perdagangan valas yang dilakukannya seringkali hanya membawa dampak yang kecil sekali bagi nilai pasaran kurs mata uang.
BANK SENTRAL
Bank Sentral ini senantiasa berupaya untuk mngendalikan suplai uang , inflasi dan ataupun suku bunga bahkan seringkali mereka memiliki suatu target baik resmi maupun tidak resmi terhadap nilai tukar mata uang negaranya. Seringkali Bank Sentral ini menggunakan cadangan devisanya untuk menstabilkan pasar.
 Berbagai sumber dana yang ada dipasaran valas apabila disatukan dapat dengan mudah “ mempermainkan “ Bank Sentral ( menarik / menjual mata uang dalam jumlah yang sangat besar sekali sehingga Bank Sentral tidak mampu lagi melakukan intervensi ) dimana skenario ini nampak pada tahun 1992 – 1993 dimana mekanisme nilai tukar Eropa mengalami kejatuhan serta beberapa kali jatuhnya nilai tukar mata uang di Asia Tenggara.
PERUSAHAAN MANAJEMEN INVESTASI
Perusahaan manajemen investasi yang bertransaksi di Pasar Valas untuk kebutuhan mata uang guna melakukan transaksi pembelian saham di luar negeri.
Transaksi valas bagi mereka adaalah bukan merupakan tujuan investasi utamanya sehingga transaksi yang dilakukannya bukan dengan tujuan spekulasi ataupun dengan tujuan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
PIALANG VALAS
Adalah perusahaan yang didirikan khusus yntuk melakukan kegiatan jasa perantara bagi kepentingan nasabahnya dibidang Pasar Uang drnagn memperoleh imbalan atas jasanya.

SUMBER :
1.       Id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Valuta_Asing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar